Sekilas tentang saya ;)…….

….Assallamualaikum wr.wb…..

Salam kenal…. Nama saya Rinto Abimanyu, saya seorang dokter gigi yang ingin berbagi dengan sejawat semua tentang kasus-kasus seputar konservasi gigi yg saya kerjakan agar kita bisa belajar bersama dan mengambil ilmu untuk dapat merawat pasien sebaik-baiknya….

Saya lulus dokter gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti pada tahun 2005 dan melanjutkan pendidikan S2 MARS di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia lulus tahun 2007. Saya sempat bekerja di manajemen Hermina Hospital Group kurang lebih selama 5 tahun dan mengundurkan diri tahun 2011…

Foto saat masih di manajemen Hermina Hospital Group

Pengunduran diri saya dari manajemen tersebut karena saya diterima di Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Universitas Indonesia spesialis konservasi, alhamdulillah studi bisa saya selesaikan dalam 5 semester (2,5 tahun)

Bersama teman-teman PPDGS Konservasi UI angkatan 2011. Berdiri dari kiri : drg. Rani, Sp.KG; drg. Afri, Sp.KG; drg. Talia, Sp.KG; drg. Nurmeisari, Sp.KG; drg. Vani, Sp.KG; drg. Marsha, Sp.KG; drg. Shally, Sp.KG; drg. Poedy, Sp.KG; drg. Tara, Sp.KG

Bersama teman main dan diskusi… dari kiri : drg. Furqan, Sp.KG; drg. Rio Suryantoro, Sp.KG; saya; drg. Wisnu, Sp.KG

Saya mempunyai istri yang kebetulan dokter gigi juga spesialis prosto serta telah dikaruniai dua orang putri yang lucu dan cantik heheheh….

Sehari-hari saya berpraktek di RS Hermina Bogor hari selasa, rabu dan sabtu serta di RS Hermina  Jatinegara, Jakarta Timur setiap hari senin, kamis dan jumat… Dan di beberapa kesempatan juga sering diminta untuk menjadi pembicara di seminar2 kedokteran gigi…

Salah satu acara seminar yang saya tampil sebagai pembicara

Senang bisa bertemu dokter2 gigi yang semangat belajar di seminar

…Mari kita berdiskusi bersama disini seputar kasus-kasus konservasi gigi.. Teman-teman bisa langsung comment di setiap  kasus atau email saya di rintoabimanyu@yahoo.com semoga membawa manfaat bagi kita bersama…. Website ini masih jauh dari sempurna jadi saya mengharapkan masukan, kritik dan saran dari teman-teman sekalian….

…Wassallamualaikum wr.wb….

drg. Rinto Abimanyu, MARS, Sp.KG

Advertisements

94 Responses to Sekilas tentang saya ;)…….

  1. Salam kenal dok,
    keep sharing and inspiring then!!!!
    Dedy@Dentist Chef

  2. Pagi dok,,,kl boleh tau bagai mana proses pemasangan mutiara gigi agar kuat & tahan lama ? Trimakasih.

    • Begini dok.. pada prinsipnya pemasangan tersebut mengandalkan ikatan adhesi yg baik, sama seperti pada saat penambalan atau pemasangan porselen..

      Jadi selama seluruh prosedur persiapan dan aplikasi diikuti dengan baik maka hasilnya tentu sesuai yg diharapkan

  3. rita says:

    Siang dok…begini dok..gigi geraham bawah saya sdh dicabut semua yg mngakibatkan gigi atas sy turun semua..gusinya jd memanjang..rongga mulut terasa mnjadi sempit..pakah masih bisa diperbaiki dok,.trima kasih

    • Begini mbak, mengenai apakah masih bisa diperbaiki atau tidak harus melalui pemeriksaan yg meyeluruh, saran saya coba konsultasikan dengan dokter gigi terdekat untuk keadaan yg mbak alami, bisa minta pendapat satu atau dua orang dokter gigi..

      • novi says:

        Hi Dok,
        saya mau bertanya, gummy smile dengan case small teeth, untuk correction dengan gingivectomy ditangani oleh drg spesialis apa ya dok? apakah gingivect hanya bisa dilakukan oleh drg.perio? dan brp lama proses penyembuhannya? terima kasih Dok sebelumnya..

      • novi says:

        Hi Dok,
        saya mau bertanya, gummy smile dengan case small teeth, untuk correction dengan gingivectomy ditangani oleh drg spesialis apa ya dok? apakah gingivect hanya dapat dilakukan oleh drg.perio? dan brp lama proses penyembuhannya?
        kebetulan saya tinggal di bogor, namun kesulitan mencari drg.sp.perio atau yg biasa menangani gummy smile correction.
        terima kasih Dok sebelumnya..

      • hai juga..

        Bisa oleh dokter gigi sp.perio, di bogor bisa dengan drg. yulia santi kalo tidak salah praktek di RS Islam Bogor, mengenai proses penyembuhan tergantung masing2 individu…

        semoga informasi ini membantu 😊

  4. miska says:

    Pagi Dok,salam kenal…
    Saya punya anak berkebutuhan khusus (autis) usia 15thn yang mempunyai masalah dengan gigi taringnya(samping gigi seri)sdh keropos, sdh cek ke dktr gg keluarga kami dan disarankan untuk ke dokter konservasi…pertanyaan saya, 1. apakah sebelumnya dokter terbiasa atau pernah menangani anak ABK??mengingat anak saya sulit sekali kooperatif dengan urusan gigi dan takut ke dokter gg, 2. Apakah perlu dilakukan bius (penenang) utk pemeriksaan dan tindakannya?? Mohon Sarannya Dok,mengingat saya agk putus asa menemukan dokter gigi yang tepat utk kasis anak saya…Trima Kasih sebelumnya

    Regards,
    Miska

    • Selamat pagi juga bu.. salam kenal 😊

      Begini, mengenai penanganan kasus pada anak berkebutuhan khusus hal tersebut biasanya dilakukan oleh dokter gigi spesialis gigi anak (Sp.KGA)

      Mungkin ibu bisa mencari ke RS terdekat yg ada dokter gigi spesialis gigi anak… biasanya rumah sakit khusus seperti RSIA ada spesialis tersebut

      Semoga lancar ya bu perawatannya…

  5. airin says:

    Malam dok,
    salam kenal
    Mau nanya, gigi depan (kanan atas) saya baru selesai proses perawatan saluran akar.
    Nah, saya rencananya mau mengembalikan warna gigi tersebut (gigi agak kekuningan mungkin karena sudah mati) biar warnanya sama dengan gigi di sekitarnya.
    solusinya harus melakukan bleaching atau gmn dok? trus kalau harus bleacing, tambalan bekas perawatan saluran akarnya dibongkar lagi atau bgm?
    terima kasih

  6. camilannikmat says:

    sore dok,
    salam kenal..
    saat ini saya sedang hamil 6 bulan, sebelum hamil kira2 setahun lalu sy melakukan perawatan akar gigi geraham bawah kiri (gigi 7) bkn dgn drg spesialis konservasi gigi. karena gigi geraham tsb tambalan yg dulu sekali lepas sebagian dgn bagian pinggir giginya. setelah dilakukan perawatan akhirnya di tambal ulang. skrg gigi geraham tsb gusinya abses, sy minta saran apa yang harus saya lakukan dengan abses tsb, mengingat sy sdg hamil. jika saya diamkan saya takut mengakibatkan sepsis. sy pergi ke dua drg berbeda, drg pertama menyarankan minum antibiotik dan cabut, drg ke 2 menyarankan minum antibiotik dan kembali ke drg yg melakukan penambalan dan minta di bongkar ulang..saya takut kedua tindakan tsb mempengaruhi keselamatan bayi dalam kandungan saya. tindakan yg paling teraman dan terbaik menurut dr yang mana, cabut, dilakukan perawatan saluran akar lg , apa di diamkan saja absesnya sampai saya melahirkan kurang lebih 3 bln lebih lagi (infeksinya kronis)?mohon pencerahannya dok, tks before

    • Salam kenal juga.. maaf baru sempat membalas sekarang…

      Sebaiknya temui dokter gigi spesialis konservasi terdekat untuk dinilai situasi gigi ibu seperti apa sehingga bisa diberikan pilihan alternatif perawatan yg sesuai.. kalo struktur gigi masih banyak sebaiknya dipertahankan gigi tersebut…

  7. camilannikmat says:

    sore dok, maafvsebelumnya ..kalau tindakan yang teraman untuk bayi saya tanpa melihat situasi gigi saya, yangb pasti gusinya tengah abses apa dok? perawatan lagi atau di cabut mana lebih aman ?

  8. fransiska febriana says:

    Selamat Siang Dok
    Saya ada masalah dgn gigi kanan atas, saat makan ngilu. Saat ini saya belum berani pakai gigi sebelah kiri karena baru selesai pegangkatan geraham bungsu.
    Sambil tunggu Sabtu jadwal dokter di Hermina Bogor, apa yang harus saya lakukan?

    Salam
    Fransiska Febriana

    • Terima kasih atas emailnya mbak, maaf baru sempat online lagi untuk menjawabnya…

      Usahakan makan yg lunak2 saja dulu dan hindari suhu makanan dan minuman yg terlalu panas dan dingin..

      Bisa dibantu juga kumur2 air garam hangat untuk membantu menjaga kondisi belas luka pencabutan giginya..

      Demikian mbak semoga menjawab pertanyaannya

  9. Inna says:

    selamat sore dok, untuk gigi geraham yg sudah berlobang dan kena akar, berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk penambalan? krn saya agak trauma dgn dokter gigi sebelumnya dimana hrs bolak balik dan rontgen sampai 4x 😦

    • sore mbak…

      untuk kasus mbak saya tidak bisa memberikan gambaran akan berapa lama perawatannya atau berapa kali kunjungan, karena harus melalui pemeriksaan dan evaluasi langsung

      sebaiknya datang dulu mbak untuk dapat diketahui permasalahannya dan dapat diberikan informasi rencana perawatannya

  10. dessy says:

    Siang dokter

    Dokter saya punya anak umur 4 tahun dia sekarang ini mengeluh gigi geraham belakang sakit,memang saya lihat giginya ada bolongnya,apa kah harus ditambal ya dok? takutnya sakit dan anak saya jadi trauma.Apakah ada rekomendasi dokter gigi anak di sekitar bintaro/ciledug ?

    • Selamat siang bu…

      Sebaiknya diperiksa segera ke dokter gigi spesialis gigi anak, saya rasa banyak rumah sakit di sekitar bintaro yang memiliki dokter gigi spesialis gigi anak.

      Spesialis ini sudah mempunyai keahlian dalam menangani kasus2 gigi pada anak2 dan juga bagaimana pendekatan terhadap anak bu

  11. abdullatif says:

    Mf dr posisi dokter d mana saya d bogor
    Mf untuk membersihkan karang gigi kira2 biaya nya berapa ya?

  12. RWS says:

    Salam kenal dokter Rinto,
    Begini dok, saya ingin melakukan root canal, saya sudah membuat janji di RS Hermina Jatinegara, kamis 4 Feb ini dok,
    Boleh tidak dok saya minta alamat email dokter?
    Saya sudah melakukan rontgen gigi 3D nah file nya bentuk nya soft cooy, apa saya basa saja CD nya waktu konsultasi dengan dokter?
    Terima kasih

    Salam

  13. istikhamah says:

    siang dok.
    dok, kalau gigi geraham bungsu dicabut itu biayanya sekitar berapa ya?

  14. dhea says:

    permisi dok saya mau bertanya gigi grahaman kiri saya copot meninggalkan sisa lalu gusinya abses dan bengkak ,terus menyebabkan gigi yang lain ngilu,, apakah aman bila di cabut ? rasanya sakit sekali gusi nya dok

  15. dhea says:

    permisi dok saya mau bertanya gigi graham kiri saya copot meninggalkan sisa lalu gusinya abses dan bengkak ,terus menyebabkan gigi yang lain ngilu
    ,, apakah aman bila di cabut ? rasanya sakit sekali gusi nya dok

  16. ulfa azizatul says:

    selamat sore dok.
    mau tanya ni dok. saya ulfa 21th dlm kondisi sehat dan tidak ada riwayat penyakit. gigi seri depan atas saya ada yg patah krna kecelakaan. kalau semisal dicabut ada bahaya2 tertentu tdk dok? sebab saya pernah mendengar bahwa banyak saraf2 di sekitar situ. terimakasih dokter.

    • Halo mbak… maaf baru sempat membalas pertayaannya… Mudah2an belum terlambat ya…
      Begini.. gigi sebaiknya dipertahankan selama mungkin, bila gigi yang patah tersebut masih memungkinkan untuk dirawat maka saran saya sebaiknya dirawat dan temui dokter gigi terdekat… Kalo pilihannya akan dicabut, selama dilakukan oleh dokter gigi saya yakin resiko yang mungkin timbul bisa diminimalkan

  17. resza marina says:

    Sore dok..sy may ty kira2sethn yg lalu sy cabut dual graham at as krn posisi Gigi bertabrakan. Tp entah knp stlh bbrp bln kemudian sy jadi py gejala sinus. Kalau pusing pasti hidung jd berbau tak sedap. Kira2 solusinya bgmn ya dok? Trims.

  18. Jane abigail says:

    Sore dok, kalau veneer di hermina kisaran harga berapa ya yg termurah, jika gigi depan yg sudah di tambal apakah masih bisa veneer? Karena gigi depan saya yg sudah di tambal berubah warna dan sangat buruk kelihatannya, terimakasih

  19. Vana says:

    Halo dokter.. Sy mau tanya dok,gigi atas bgian depan sy patah krn kcelakaan. Tp sy abaikn krn hnya ptah sdkit, tp lma kelamaan smkin tipis n mghitam n jd bolong n goyang sdkit. Kalo kasus sprti ini baikny dicabut n buat gigi lepasan atau msh memungkinkn utk di prbaiki y dok? Trima kasih dokter πŸ™‚

  20. Nathella says:

    Selamat Siang Dok, Salam Kenal
    Gigi atas sebelah kanan saya ada gingsul 2 gigi, dan itu membuat gigi saya kurang enak dilihat dok, nah saya berniat untuk pakai behel, kira kira berapa ya dok harganya ? dan apakah perlu di cabut dulu giginya ? terimakasih dok

  21. Anne Sulistijadewi says:

    Malam Dok, saya di Bogor minta referensi untuk Dokter Gigi Dok. Ibu saya 84 tahun giginya sudah banyak yang lepas. Terimakasih.

  22. Maria Christina says:

    Siang dok, sy ada masalah dgn gigi bungsu. Gigi bungsu sy tumbuh tapi sdh rusak/ bolong. Sakitnya banget2. sdh ke beberapa drg umum ada yg menyarankan dicabut saja, ada yg menyarankan masih bisa ditambal ke drg konservasi. Pertimbangan sy tidak dicabut krn sy ada riwayat SLE vasculitis, bagaimana dicabut sedangkan ada luka sedikit saja
    langsung meradang. Apakah dokter bersedia utk tambal gigi sy? Sy domisili Bogor. Trims πŸ™‚

    • Halo bu maria,

      Mengenai gigi tersebut bisa ditambal atau tidak, harus dilakukan pemeriksaan secara detil, silahkan datang untuk diperiksa lebih lanjut agar bisa diketahui secara pasti kondisi giginya dan bisa langsung ditentukan langkah selanjutnya

  23. Amel says:

    Siang dok mau tny klo Mw bleaching gigi hrga brp ya dok? Dan syarat gigi yg bisa di lakukan bleaching gigi yg sprti apa ya dok, klo ad yg bolong gg bolh y

  24. dian says:

    pagi dok..kalau mau membersihkan karang gigi sebaik nya spesialis gigi apa ya dok..terimakasih

  25. Ayu says:

    Assalamualaikum dok

    Ingin bertnya mengenai bleaching dok..kmrn saya sdh ikut ho dokter..kbetulan dkasi bonus produk bleaching n saya coba ..hasilnya naik bebrapa grade namun ada white spot di insical gigi..itu knpa ya dok?
    Trua juga mhon djelaskan mksd final lock dlm bleaching itu apa..beberapa org mnyebutkan istilah tsb namun saya krg pham..

    Terimakasih atas jawabannya dok 😊

    • walaikumsalam dok… maap baru bisa mereply…

      white spot yang terjadi memang bisa menjadi salah satu yang bisa timbul setelah bleaching, coba dilakukan remineralisasi dengan bahan seperti tooth mousse…

      Mengenai final lock saya juga baru mendengarkan istilah tersebut, biasanya yang sering disebut adalah saturation point nah kalo ini adalah titik dimana warna gigi sudah tidak bisa berubah lagi dan apabila diteruskan akan mengakibatkan kerusakan pada struktur gigi

  26. willy says:

    selamat siang dok,
    begini dok sy mau tnya kl untuk pemasangan jaket or veneer untuk 1 ggi depan itu btuh wktu brapa lama dn brpa biaya nya….krn ggi dpan skrg jaketny sudah g baik lg

    terimakasih dok

  27. Uzzi says:

    Selamat sore permisi kira kira untuk mutihin gigi butuh biaya berapa yah ? Rencananya saya mw mutihin gigi ditempat anda dibogor soalnya dekar dari rumah saya
    Terimah kasih ditunggu balesan infonya yah

  28. Uzzi says:

    Permisi sore
    Dok maaf sy mw tanya boleh ?
    Rencananya sy mw mutihin gigi kira kira butuh brapa biayanya yah? Rencana nya jg sy mw ke tempat praktek bapak dibogor soalnya kebetulan dekat rmh saya juga , selama ini gigi gak pernah ada masalah belom pernah sakit gigi.
    Ditnggu info balesannya ya

    • Halo, maaf baru sempat menjawab pertanyaannya..

      Mengenai biaya pemutihan gigi tidak bisa diinfokan sebelum saya liat dulu keadaan giginya, karena kondisi yg berbeda tentu penanganannya juga berbeda tiap pasien, silahkan datang dulu untuk diperiksa secara detil keadaan giginya

  29. Yulia says:

    Dok, umur saya 23th, saya mau nanya, saya nyeri gusi paling ujung dsebelah kiri, atas-bawah, sdh 4 harian. Pas saya periksa ke dokter gigi, cuma di cek bentar oleh dokernya trs bilangnya “gigi terakhir mau tumbuh, gigi yg tumbuh kemungkinan agak besar”, nah setelah itu cuma dikasih obat paracetamol, amoxcilin,Metronidazol & Dexamethason, Asam Mefenamat saya sdh beli duluan untuk menghilangkan nyeri. Tidak ada penanganan tertentu. Biasanya pertumbuhan giginya ini berapa lama dok? Apa tidak apa2 kalo di biarkan nyeri spt itu? Kalo misalnya gigi nya gak muncul ke permukaan gimana dok?

    • Halo mbak yulia, terima kasih untuk pertanyaannya…

      Gigi geraham terakhir memang terkadang disertai nyeri ketika akan muncul, mengenai berapa lama tumbuhnya berbeda tiap orang, apalagi bila posisi gigi tersebut miring tentu akan sulit tumbuh sempurna dan biasanya akan menimbulkan nyeri setiap jangka waktu tertentu…

      Sebaiknya coba diperiksakan ke dokter gigi spesialis bedah mulut untuk penaganan lebih lanjut mbak..

  30. Herti says:

    Selamat Malam Dokter Rinto,

    Saya mohon saran, gigi geraham kanan bawah saya berlubang, awalnya giginya masih kuat sehingga saya pertahankan, 2 hari ini saya merasakan nyeri dibagian gigi tersebut dan ternyata ketika saya cek sudah goyang, dan terasa sakit sekali ketika mengunyah, saya sudah datang ke hermina bogor namun ternyata harus buat janji sehari sebelumnya, lalu saya diberi brosur, menurut dokter saya harus ke dokter gigi spesialis mana ya? Mengingat spesialis gigi ternyata ada lagi bagian bagian nya… karena saya berencana akan ke hermina lagi, dan saya juga masih belum tahu apakah harus dicabut atau tidak, terima kasih sebelumnya dok..

    • Selamat malam bu… Terim kasih sudah bertanya…

      Jadi begini, bisa datang ke saya dulu untuk dilihat apakah masih memungkinkan untuk dipertahankan.. Bila ternyata setelah diperiksa tidak memungkinkan dipertahankan maka akan diarahkab untuk ke bagian pencabutan..

      Semoga jelas jawaban saya ya bu, silahkan membuat perjanjian dulu sehari sebelumnya

      • Ratna komala says:

        Assalamuallaikum dok
        Saya mahasiswi dan gigi depan saya itu rusak berlubang jd gigi kanan dan gigi kiri ikut berlubang. Apakah jika gigi depan di cabut itu tidak apa apa? Dan jika memakai gigi palsu apakah ada efek sampingnya?
        Kalau dengan kondisi gigi saya seperti ini lebih baik dicabut apa ditambal saja dok?
        Terimakasih
        Wassalam

  31. Walaikumsalam mbak ratna..

    Untuk mengetahui perawatan yg tepat untuk kondisi gigi mbak, sebaiknya datang dulu untuk dievaluasi secara detil baru nanti bisa diinfokan rencana perawatan yg cocok untuk kondisi gigi mbak..

  32. Tari says:

    Dok, mohon pencerahanya. 2 gigi graham saya sedang PSA. Sudah 3x bolak-balik belum selesai juga. Biaya yg dikeluarkanpun menurut saya wow. Terlebih lagi dokter saya sudah sounding kalau selesai PSA lebih baik pakai crown agar gigi tidak pecah. Dan biayanya 4-6 juta per gigi. Jd pasang crown untuk 2 gigi sangat buat pusing kepala.

    Bagimana menurut dokter? Mungkin dokter bisa memberi saran.

    • Sore mbak Tari…

      Menurut saya setiap dokter gigi tentu menginginkan yg terbaik untuk setiap pasiennya.. Dan untuk mencapai tujuan itu masing2 dokter punya rencana perawatan yg berbeda…

      Jadi selama dokter dan pasien sudah tercapai kesepahaman mengenai rencana perawatan dan biayanya, makan harus dijalani sampai selesai mbak…

  33. Dea aulia says:

    Selamat sore dok, gigi geraham bagian atas saya awalnya berlubang dan mengeropos hanya menyisakan separuh gigi saja. Tindakan apa yg harus dilakukan? Masih bisa d tambal atau d cabut ya? Terima kasih

  34. Intan ayu Desprilani says:

    Malam dok, mau tanya biaya bleaching gigi berapa yah? Btw, masih praktek di hermina jatinegara kah?

  35. Erin Flo says:

    Dok saya masih umur 17tahun. gigi geraham kiri atas saya bolong dan juga gigi geraham kiri bawah saya juga bolong. tapi lebih parah yg di bawah sih dok. saya pengen cabut yg di bawah tapi saya takut kalau gigi di belakang geraham bawah maju takut bolong lagi. soalnya saya pernah denger dok. kalau gigi geraham bawah awalnya baik2 saja dn tidak bolong dan ketika geraham atas bolong maka katanya yg bawah juga akan infeksi dan bolong juga. jadi disini saya minta saran dokter. lebih baik cabut gigi geraham atas, bawah, atau keduanya?
    maaf mengganggu, Terimakasih banyak dok..

    • Halo mbak erin…

      Mengenai gigi harus dicabut atau tidak, mesti dilihat dulu dan diperiksa secara detil oleh dokter gigi…

      Jadi saya tidak bisa memberikan saran nih karena blom lihat secara langsung kondisi giginya, kalo mbak mau bisa datang dulu ke salah satu tempat praktek saya untuk dicek secara detil

  36. Erin Flo says:

    Oh gtu ya dok. Iya Dok nanti ya..
    Terimakasih banyak informasinya, sangat membantu

  37. Debby says:

    Halo dok,

    Mau tanya..

    Dari Januari 2017 saya sakit gigi di sebelah kanan. Tampaknya tambalan gigi 47 saya copot sehingga banyak sisa makanan masuk dan sakit. Selain itu gigi 45 saya juga gusinya turun sehingga akarnya terlihat dan sensitif. Pernah ditambal sementara oleh drg tapi lepas. Oya karena gigi 46 saya sudah di cabut, jd ada 1 space yg ompong. Dan tampaknya gigi 45 saya bergeser dan skrg letaknya nyaris berhimpitan dgn gigi 47. Gigi 47 saya juga miring ke arah dalam.

    Tgl 6 Feb 2017 saya ke drg umum. Oleh beliau saya ditambal sementara, diberi obat Mefinal dan disuruh datang lagi tgl 14 Feb. Tapi saat itu pasien drg penuh, jd tidak bisa kontrol. Karena dr admin pihak klinik tidak kooperatif dalam memberikan jadwal dan kebetulan kliniknya jauh sekali dr rumah, saya tdk kembali ke sana. Sakit gigi saya sudah berkurang, bahkan nyaris tidak ada. Tapi setelah 3 minggu agak nyut2an. Hanya sesekali dan tidak begitu sakit. Setelah itu, normal kembali.

    Karena itu, tgl 17 Maret saya ke drg lain. Gigi saya sudah tidak sakit lagi. Oleh drg baru, gigi 47 saya di tambal permanen. Dan katanya gigi 45 yg sensitif dan 18 yg karies hrs ditambal.

    Tapi setelah 2-4 hari setelahnya, gigi saya mulai ngilu yg sebelah kanan. Ntah yg mana yg ngilu soalnya tiap saya ketuk2 sebenerya gada yg sakit. Tapi rasa ngilunya ini dr gigi, sampai telinga, bahkan sakit kepala juga. Tapi saya tahan karena saya benar2 tidak sempat ke drg. Baru bisa ke drg lagi tgl 10 April.

    Tgl 10 April saya ke drg lagi. Oleh drg sisa2 makanan di gigi 45 dibersihkan, kemudian ditambal di bagian leher gigi karena gusinya turun. Pada saat ditambal, sakitnya menjadi agak mendingan. Tapi drg saya bilang gigi 45 itu agak goyang karena bebannya terlalu besar dan sudah bergeser. Geraham 47 jg miring. Kl mau ga miring, hrs pakai kawat ke drg spesialis. Selain itu drg juga menyarankan saya pakai gigi palsu pengganti gigi 46.

    Seelah dr drg, sakit saya hanya sembuh 1 hari. Besoknya sakit lagi, sama seperti sebelumnya yg sampai telinga. Karena itu saya mau ke drg lagi tp yg spesialis. Cuma dgn kondisi saya seperti tadi (sakit gigi sampai telinga dan kepala, gigi berlubang, geraham 47 miring, ompong 1, gusi turun dan sensitif di gigi 45, gigi 45 geser), sebaiknya saya ke dokter gigi spesialis apa ya? Dan kasus mana yg harus saya tangani lebih dulu.

    Terima kasih dok.

    • Halo mbak debby… Kalo melihat dari ceritanya kasus yg dialami memang cukup komplek, mbak bisa datang dulu ke spesialis konservasi, baru nanti setelah bidang konservasi selesai menangani yg sesuai bidangnya maka mbak nanti diarahkan ke spesialis yg lain…

      Kalo mbak tinggal di sekitar jakarta atau bogor bisa datang ke saya untuk diperiksa lebih lanjut

  38. vichi says:

    saya vichi umur 19 tahun…. saya punya masalah pada 2 gigi depan saya… 2 gigi seri saya agak maju dok padahal yg lain rapi itu membuat saya tidak pd saat tersenyum… dari depan gigi saya seperti kelinci tapi dari samping gigi saya keliatan agak merongol gara gara 2 gigi tersebut… apa perlu gigi saya dibehel… atau adakah cara lain selain behel agar 2 gigi saya rata seperti gigi” yg lain…

  39. agung says:

    dok mau tanya, saya punya masalah gigi yang kurang rapih, dua gigi depan saya cenderung lebih besar dan gigi sebelah kanan dari dua gigi itu sebagian menghalangi atau setengahnya berada dibelakang dua gigi tersebut yang membuat dua gigi depan dan satu sebelah kiri nya terlihat lebih maju,,, kalo misalkan dirapihkan, apakah harus dicabut atau dipotong gigi yang menghalangi itu atau hanya pasang behel saja ya dok ?.

  40. Zara says:

    Hi Dok..
    Maaf sebelum nya ya dok sy mau nanya ttg anak saya umur 3,5tahun sedang sakit gigi sampai gak mau makan sy lihat gigi grahamnya bbrpa bolong dok.. Misal sy k dokter gigi kemungkinan tindakan apa yg dilakukan cabut atau kah tambal yaa?
    Dan klo boleh minta saran untuk dokter gigi untuk balita dibogor dimana?
    Makasih seblum nya ya dok πŸ™‚

    • Halo juga bu…

      Untuk tindakan yg akan dilakukan sebisa mungkin akan dicoba ditambal, sebaiknya segera dibawa ke dokter gigi..

      Hermina Bogor ada 3 dokter gigi spesialis gigi anak, silahkan bisa menghubungi nomer 1500488 untuk pendaftaran

      • Windi says:

        Halo dok.anak saya umur 2thn berapa waktu Lalu jatoh Dan yerbentur Gigi Jadi patah.dan muncul seperti daging (polip gigi).Tapi gak kunjung kempes keluhan sakit Dan Susah makan Karena di Gigi depan.apa yg harus dilakukan.dan kira2 biaya brpa.apa perky melakukan rongten.trims

      • Halo juga bu

        bisa dibawa menemui dokter gigi spesialis gigi anak nanti akan dilakukan tindakan untuk menanganinya

  41. Ndc says:

    Dok ada rekomen doktet spesialis ortho untuk gigi bawah yg maju kah (cameuh) ??

  42. Tony says:

    asl p.dr.Rinto..
    sy mau tanya..praktek di hermina bogor trm penambalan gigi somplak ga..kebtlan gigi depan sy somplak..kyk terbelah nyamping gitu..jd ga terbelah lurus..dulu bbrp tahun yg lalu sempat ditambal..tiba2 wkt lebaran jd copot..sy lupa nambal dulu dimana..
    jk trm, penambalan,sy bermaksud kesana rs Hermina.
    jk blh via wa sj responnya ke 0812 8093 2988..
    dgn Tony..
    trm kasih..wassalam.

  43. babang says:

    dok sya boleh nanya?
    tadinya gigi sya berdemptan 3 dirahang atas, posisinya klw diitung dri depan itu gigi 4 dan 5 bagian dalamnya ada gigi gingsul, ada proses pencabutan gigi gingsul yg ternyata balong, ini msh proses penyembuhan gusi bekas pencabutan. tpi sya perhtikan dri dalam gigi yg ke 4 ternyta kyk ada keropong sdkit jga, apkah itu akan membesar dok? sya gk mau smpai gigi yg ke 4 sya sampai hilang krna kerpong krna klw ktwa akan kelhtan bngt, sebaiknya gmna yah dok

  44. babang says:

    maaf nnya lgi? klw yg keropong itu disamping dan mkslnya bisa ditambal, kemungkinan tambalannya bisa rusak lgi gk dok?

  45. Ratri says:

    Pagi drg.Rinto,
    dok aku mau ke hermina untuk berbat gigi ku yg sakit. tapi sebelumnya aku mau tanya dulu. kondisi ku sekarang sedang hamil usia 3 bln 7 hari, usia ku 26 tahun. Dari jaman aku kuliah gigi geraham bawah ku kanan dan kiri berlubang sangat parah. Selama itu hanya menjalani perawatan tambal saja. kemudian tambalan gigi ku lama2 copot dan habis.. sudah hampir 4 tahun tidak pernah dikontrol krna tidak sempat dok dan tidak pernah merasa ada keluhan. Saat ini kondisinya sangat sakit gusinya pun bengkak dan berisi cairan seperti nanah dan darah. dengan keadaan sedang hamil apa mungkin dilakukan penambalan dok, adakah pengaruh pada janin saya nantinya? jika memungkinkan saya akan datang. Terimakasih.

  46. Salam kenal dok.
    Bagus website nya. Sangat menginspirasi.
    Saya jg sedang belajar menulis. Hehe.
    Monggo saling berkunjung dok.
    http://Www.doktergigituban.com

    Mudah2an nanti bisa saling diskusi banyak ya.. Thx

  47. Anie says:

    Selamat malam dok, dok….sejak mengalami kecelakaan thn 1995 lalu, saya memakai Gigi tiruan porselen bridge sebanyak 6pcs di bagian atas (depan serta kanan kiri atas), minggu lalu salah satu Gigi tiruan depan patah dok,tindakan APA biasanya yg dilakukan Tampa harus membongkar semua Gigi tiruan saya dok, memgingat Gigi nya permanen. Terimakasih sebelumnya dok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s